Web Design dan Animasi

News Web Design

WEB DESIGN

design

IndoGlobalWeb menawarkan rancangan desain website baik statis, maupun dinamis yang simpel, menarik, dan elegan. Web programming dengan database, Intranet service. Setiap website akan langsung didaftarkan ke 900 lebih search engine dan direktori, menjamin website anda dapat dicari dan ditemukan dengan mudah oleh pengunjung / (calon) pelanggan anda.

Web Solution dengan Domain dan Hosting Gratis di IndoGlobal Web selama satu tahun juga layanan SEO (Search Engine Optimization) dari patner kami yang juga kami berikan secara gratis adalah solusi paling tepat bagi Anda yang tidak mau direpotkan dengan segala urusan website namun membutuhkan keberadaan adanya informasi Anda tersaji di dunia tanpa batas ini. Berikut beberapa website klien IndoGlobalWeb hasil kerja Team IndoGlobalWeb Programming And Design.

 

DOMAIN REGISTRATION

domain

Nama domain adalah merupakan asset yang sangat berharga di dunia internet, tentu saja jika domain tersebut itu telah diregistrasikan oleh pihak lain maka kesempatan anda untuk memperoleh nama domain tersebut sangatlah langka. Kami selaku penyedia layanan domain menawarkan jasa registrasi nama domain dengan biaya ringan anda sudah bisa memiliki domain sendiri.

Keuntungan melakukan registrasi nama domain melalui IndoGlobalWeb :

 

  • GRATIS domain control panel untuk pengaturan nama-nama domain anda
  • GRATIS fitur Modify Name Server untuk mengatur name server hosting
  • GRATIS fitur lock/unlock untuk menjaga keamanan domain anda
  • GRATIS fitur Privacy Protection untuk menjaga keamanan data registran anda
  • GRATIS fitur Registrant Modification untuk merubah data registran anda
  • GRATIS fitur Manage Child Name Server untuk domain anda
    example : ns1.namadomainanda.com & ns2.namadomainanda.com
  • Bila diperlukan, tersedia fitur tambahan (manage DNS, URL forwarder, e-mail forwarder)
  • Full support 24 X 7

 

WEB HOSTING

“If you want to go online, you will need a powerfull faster and reliable web server. You can host your web site to our web server so your web can be accessed via internet.”

hosting World Wide Web adalah bisnis yang membutuhkan webhosting handal, layanan sesuai kebutuhan, tetapi dengan harga terjangkau. IndoGlobal Web hadir dan siap melayani Anda secara profesional tanpa mengabaikan kenyamanan dan kebutuhan Anda. Juga siap menjadi Partner terbaik Anda di dunia Internet dengan menjadi penyedia layanan Hosting Terpercaya Anda. Hosting Murah Rp 3.500,- / bulan anda sudah bisa mendapatkan hosting yang handal,

Semua paket webhosting kami telah dilengkapi dengan fitur-fitur e-commerce serta semua tools untuk keperluan website anda.
Untuk memudahkan pilihan bagi anda, kami telah membagi paket-paket berdasarkan kebutuhan website anda. Dari paket yang sederhana sampai yang terbesar, semua dapat anda tentukan disini. Dan paket tersebut nantinya bisa di upgrade sesuai kebutuhan anda.

 ————————————————–

Tutorial Web Design

Mengenal Lingkungan Kerja Dreamweaver MX

Lihat Gambar 1. Dreamweaver MX menawarkan dua layout view untuk dijadikan sebagai tampilan kerja saat Anda membuat halaman web. Setelah instalasi, Dreamweaver MX akan memberikan opsi: Macromedia Dreamweaver MX Workspace atau Macromedia Dreamweaver 4 Workspace. Anda dapat mengubah-ubah tampilan ini lewat menu preferences, Modify > Preferences > Change Workspace. Pilihan ini tentu saja terserah Anda, pada tutorial ini saya akan menggunakan Dreamweaver MX Workspace.


Fig 1. Lingkungan kerja Dreamweaver MX

Berikut ini penjelasan untuk elemen-elemen workspace seperti telah tertera pada gambar. Document Window adalah tempat di mana Anda dapat membuat halaman web secara visual, kode, atau keduanya. Insert panel adalah tempat Anda dapat memasukan image, Flash movie, table, atau elemen lain. Insert panel ini serupa dengan menu Insert pada menu bar. Untuk memunculkan panel ini, klik Windows > Insert atau tekan Ctrl-F2. Property Inspector berguna untuk melakukan pengeditan pada suatu elemen di Document Window. Document Toolbar berguna untuk mengubah tampilan dari disign/visual view, code view, atau keduanya sekaligus. Selain itu juga untuk memberi titel pada dokumen, melihat tampilan di browser. Panels Group merupakan kumpulan dari panel-panel Dreamweaver MX.

Pada bagian ini kita akan membuat halaman web sederhana dengan pemformatan dasar pada teks, link, anchor, dan Page Properties.

Bekerja dengan Teks

Pada dasarnya Dreamweaver tidak jauh berbeda dengan program pengolah kata dalam memformat teks. Namun terdapat sedikit perbedaan karena Dreamweaver menggunakan HTML. Untuk memformat teks dapat kita lakukan dengan menggunakan Property Inspector. Lihat Gambar 2.


Fig 2. Property Inspector

Heading

Heading (Gambar 3) digunakan untuk membuat judul dari dokumen atau sub-subjudul berbagai level. Misalnya Anda menggunakan Heading 1 untuk judul, Heading 2 untuk subjudul tingkat pertama, dan sebagainya. Anda juga dapat menggunakan insert panel, pada Insert Panel, klik Tab Text.


Fig 3. Heading

Paragraf dan Line Break

Bila kita menekan Enter pada pengolah kata, maka akan menghasilkan paragraf baru. Demikian pula pada Dreamweaver. Namun paragraf dalam HTML (<p>) secara default menghasilkan jarak lebih besar daripada jarak antarbaris. Jika kita ingin antarbaris tidak ada jarak, maka kita membutuhkan <br> di HTML. Untuk berpindah baris dan bukan paragraf kita menggunakan Shift-Enter, atau Insert > Line Breaks. Lihat Gambar 4.


Fig 4. Paragraf dan Line Breaks

Memformat Teks Dengan Property Inspector

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, Propery Inspector berguna untuk melakukan pengeditan pada sebuah elemen HTML. Kita akan menggunakan Property Inspector ini untuk memformat teks, ukuran, warna, dan perataan paragraf. Untuk memunculkan Property Inspector yaitu dengan Window > Properties atau dengan menekan Ctrl-F3.

Anda dapat memilih jenis font sesuai dengan selera Anda, namun terdapat 5 jenis font yang yang umum digunakan untuk halaman web, karena hampir semua komputer memiliki jenis huruf ini: Arial, Times New Roman, Courier New, Georgia, dan Verdana. Untuk mengubah teks yang telah Anda ketik yaitu dengan memilih teks yang ingin diubah, kemudian pilih jenis font yang ingin Anda gunakan. Dalam pilihan font dari drop down Property Inspector terdapat beberapa jenis huruf lain yang dipisahkan dengan koma. Pertama-tama browser akan membaca font pertama untuk ditampilkan di browser, bila font pertama tidak terinstal di komputer maka akan dilanjutkan dengan font kedua, kemudian ketiga, dan seterusnya. Font default adalah Times New Roman. Lihat Gambar 5.


Fig 5. Mengubah format huruf

Membuat Link, Anchor, dan Target

Untuk membuat link antarhalaman, selain diperlukan halaman link sumber—Source Link—juga diperlukan link tujuan—Destination Link. File contoh halaman Web sederhana di atas saya simpan dengan nama file index.htm. Halaman ini yang akan menjadi link sumber kita. Mari kita buat halaman baru untuk dilink:

Buatlah halaman baru untuk link tujuan, File > New, pada kotak dialog pilih Kategori Dynamic Page, dan Basic Page HTML. Lihat Gambar 6. Setelah selesai membuat file baru, kemudian simpanlah file tersebut dengan nama file tentangsaya.htm. Pada contoh, saya memasukkan horizontal Rule, Insert > Horizontal Rule untuk memisahkan konten dari halaman tersebut. Kemudian simpan di folder yang sama dengan index.htm.


Fig 6. Membuat dokumen baru

Pada index.htm, pilihlah teks “Tentang Saya”, kemudian pada Property Inspector ketikan tentangsaya.htm pada kotak link. Atau gunakan Browse For File untuk memilih file tentangsaya.htm lewat kotak dialog. Lihat Gambar 7. Cek dengan menggunakan browser, bukalah file index.htm (Gambar 8).


Fig 7. Memasukkan Link


Fig 8. Tampilan index.htm di browser

Untuk membuat link ke situs lain, setelah teks dipilih, ketik langsung pada kotak link alamat yang dituju, misalnya http://www.mwmag.com (Jangan lupakan http://).

Target

Target (Gambar 9) adalah perintah atau opsi pada link yang memberitahukan di window mana link tersebut akan dibuka. Setiap window atau frame di HTML dapat kita beri nama dan browser akan memuat halaman ke window/frame sesuai yang ditunjukkan oleh link. Sesuai aturan di HTML, terdapat nama-nama target khusus yang berarti spesial. _Self adalah pilihan default, bila Anda tidak menentukan target, link akan dibuka pada window browser atau frame yang sama. _top memuat ke window terluar (di luar semua frame yang ada). _Blank membuka link pada browser window baru. _Parent membuka link pada frame induk (kita akan membahas tentang hal ini pada bagian Frame nanti).


Fig 9. Target pada Property Inspector

Named Anchors

Bila halaman web Anda memungkinkan pengunjung menscroll window browser karena isi dari halaman tersebut panjang dan terdiri dari beberapa halaman, Anda dapat menggunakan Named Anchors ini untuk menentukan titik-titik tertentu pada halaman dengan tujuan memudahkan navigasi pengunjung mencari sesuatu dalam halaman dengan cepat. Pada halaman yang saya buat tentangsaya.htm terdapat beberapa menu yang langsung menuju ke topic tertentu pada halaman tersebut, setelah itu pengunjung dapat kembali ke atas halaman.

Untuk membuat Named Anchor, pertama kita tandai bagian khusus dari halaman: klik Insert > Named Anchors, atau tekan Ctrl-Alt-A. Setelah kotak dialog muncul masukan nama anchor. Pada file ini saya memberi nama kesukaan. Setelah itu klik OK. Pada bagian yang ditandai akan tampak tanda/icon buku terbuka. Lihat Gambar 10.


Fig 10. Named anchor

Setelah itu kembali ke halaman atas pilih teks yang akan di buat link pada bagian atas dokumen yang akan dihubungkan dengan Anchor tersebut, pada kotak link di Property Inspector ketikkan #kesukaan. Untuk mengembalikan ke atas halaman buat link baru pada bagian tersebut misal: kembali ke atas. Lihat Gambar 11. Kemudian masukkan di kotak link tanda # dan pilih _top untuk target dari link tersebut. Lihat di browser dengan menekan F12.


Fig 11. Membuat link ke bagian atas dokumen

Page Properties

Page Properties adalah fasilitas untuk mengubah properti dasar sebuah dokumen Web, seperti judul halaman, warna-warna link, dsb. Untuk membuka Page Properties klik Modify > Page Properties. Lihat Gambar 12. Title untuk menentukan judul dokumen. Background Image tempat memasukkan gambar sebagai latar belakang. Background menentukan warna latar. Text untuk menentukan warna teks. Links mengubah warna link. Visited Link mengubah warna link yang telah dikunjungi. Active Link mengubah warna link yang sedang diklik. Margin menentukan margin halaman. Semua elemen ini memiliki padanannya di dalam kode HTML, yaitu dalam atribut elemen <body>. Selain mengubah format tampilan melalui Page Properties, kita juga dapat melakukannya dengan CSS (Cascading Style Sheet) yang akan kita bahas pada tutorial bagian lain. Setelah selesai, Anda dapat melihat tampilannya di browser (Gambar 13).


Fig 12. Page Properties


Fig 13. Tampilan akhir tentangsaya.htm

————————————————–

Java dan JavaScript

 

Java merupakan sebuah bahasa pemrograman yang mirip dengan bahasa C. Tetapi dengan Java kita bisa membuat tampilan halaman sebuah web menjadi lebih menarik. Contoh penggunaan Java adalah pada fungsi Mouseover, scrolling marquees, tampilan tanggal dan waktu, kalkulator, dan lain-lain. Terdapat dua tupe Java yaitu Java applet dan Java Script.

JAVA APPLETS

Java merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Sun Microsystems dan merupakan bahasa pemrograman yang berorientasi obyek. Java bisa digunakan untuk membuat suatu aplikasi yang berdiri sendiri atau pun sebuah aplikasi mini yang biasa disebut applet. Applet biasa digunakan pada halaman web supaya terlihat lebih dinamis. Terdapat banyak sekali aplikasi/applet yang ada.

JAVA SCRIPT

JavaScript dikembangkan oleh Netscape, yang merupakan bahasa pemrograman yang “sederhana” karena tidak bisa digunakan untuk membuat suatu aplikasi atau pun applet. Java Script merupakan sebuah bahasa scripting yang dikembangkan oleh Netscape.Dengan Java Script kita bisa dengan mudah membuat sebuah halaman web yang interaktif. Program Java Script dituliskan pada file HTML (*.htm atau *.html) dengan menggunakan tag kontainer <SCRIPT>. Dengan kata lain, Anda tidak perlu menuliskan program JavaScript pada file terpisah (walaupun Anda juga bisa melakukannya).

Contoh JavaScript Sederhana

Status Bar Message
Untuk membuat tulisan yang terletak pada status bar browser Contoh : <body onLoad=”window.defaultStatus=’http://www.klik-kanan.com‘”> Tulisan yang berwarna biru adalah tulisan yang akan nampak pada bagian bawah browser. Lihat pada pojok kiri bawah.
Status Bar On Mouse Over
Tulisan ini akan nampak bila Anda meletakkan mouse di atas link. <A href=”newpage.htm” onMouseOver=”window.status=’Klik di sini melihat halaman selanjutnya!‘;return true”> Tulisan yang berwarna biru adalah tulisan yang akan nampak pada bagian bawah browser. Sebagai contoh letakkan mouse Anda pada TEKS INI.
Pop Up Box
Menampilkan alert box ketika pertama kali membuka sebuah halaman web.
<script language=”JavaScript”>
alert(”Tulis kalimat Anda di sini“);
</script>

————————————————–

7 Jam Belajar Swift 3D 4.5 untuk Orang Awam
Chandra
Rating Buku : ( 1 Komentar )
Jumlah halaman : 192+viii
 
Kode Buku : 0602101
 
Tahun Terbit : 2006
 
Harga Buku : Rp. 39.500,-
 
Bonus : 1 CD + Video Tutorial
 
No. ISBN : 979-3767-59-6
 
Download :

 

Swift 3D 4.5 adalah program pendukung buatan pihak ketiga yakni Electric Rain yang berguna untuk membuat animasi 3D Flash berbasis vektor dan raster bitmap. Kemudahan teknik modeling dan animasi Swift 3D 4.5 serta kemampuannya berintegrasi dengan Macromedia Flash MX dan MX 2004 membuat program ini demikian digemari baik desainer 3D pemula maupun profesional.
Hampir sebagian besar animasi 3D Flash yang Anda jumpai dalam web, animasi kartun, bahkan game Flash dibuat menggunakan Swift 3D. Hal ini dikarenakan ukuran file animasi 3D yang dihasilkan relatif kecil tetapi memiliki kualitas render yang cukup baik karena Swift 3D 4.5 dilengkapi rendering engine RAViX dan EMO.
Buku ini sangat cocok bagi para pemula yang masih awam dengan Swift 3D 4.5. Membahas tehnik inti untuk membuat model dan animasi 3D berbasis vektor. Di akhir pembahasan Anda diberi latihan dan soal untuk berlatih menggunakan tehnik-tehnik yang telah dipelajari sebelumnya.
Buku ini merupakan panduan praktis bagi Anda yang ingin belajar Swift 3D 4.5 dengan cara mudah, cepat dan menyenangkan.

Daftar Isi

JAM PERTAMA : DASAR-DASAR SWIFT 3D 4.5
· Mengenal Swift 3D 4.5
· Membuka Program Swift 3D 4.5
· Mengenal Area Kerja Swift 3D 4.5
· Membuat Objek Teks 3D
· Mengganti Tampilan Viewport
· Mengubah Skala Tampilan pada Viewport
· Merotasi Objek
· Melakukan Render
· Menyimpan Objek 3D
· Menutup dan Membuka File Swift
· Menutup Program Swift 3D 4.5
· Latihan Jam Pertama
· Soal Jam Pertama

JAM KEDUA : MEMBUAT OBJEK DASAR 3D
· Koordinat Sumbu X, Y, dan Z
· Sphere
· Box
· Pyramid
· Cone
· Cylinder
· Torus
· Plane
· Polyhedron
· Menggunakan Group
· Latihan Jam Kedua
· Soal Jam Kedua

JAM KETIGA : EXTRUSION EDITOR
· Mengenal Extrusion Editor
· Membuat Objek 3D dari Extrusion Editor
· Membuat Lubang pada Objek 3D
· Menggunakan Bevel
· Circle Path
· Rounded Rectangle
· Star
· N-Gon
· Modifikasi Bentuk Gambar
· Mengubah Skala Objek
· Menggunakan Fungsi Parent dan Child
· Latihan Jam Ketiga
· Soal Jam Ketiga

JAM KEEMPAT : LATHE EDITOR
· Mengenal Lathe Editor
· Membuat Objek Lathe
· Menyimpan Objek Lathe dalam Gallery Lathe
· Memodifikasi Objek Lathe
· Menduplikat Objek Path dari Extrusion Editor
· Mengatur Properties Lathe
· Latihan Jam Keempat
· Soal Jam Keempat

JAM KELIMA : MATERIAL, CAHAYA, DAN KAMERA
· Memberi Material Warna pada Objek
· Memberi Material Raster Bitmap
· Material Reflective dan Transparent
· Material Stone, Wood, dan Metal
· Mengatur Cahaya Point dan Spot Light
· Free Camera
· Perspective Camera
· Target Camera
· Latihan Jam Kelima
· Soal Jam Kelima

JAM KEENAM : ADVANCED MODELER
· Mengenal Advanced Modeler
· Membuat Objek Mesh
· Transformasi Objek Mesh
· Mengedit Objek Mesh
· Extrude Along Normal
· Edit Texture Mode
· Latihan Jam Keenam
· Soal Jam Keenam

JAM KETUJUH : ANIMASI, RENDER, DAN EKSPOR FILE
· Animasi dengan Animation Gallery
· Animasi dengan Keyframe
· Animasi Perubahan Bentuk
· Animasi Cahaya dan Kamera
· Render dan Ekspor File
· Latihan Jam Ketujuh
· Soal Jam Ketujuh

————————————————–

Cara Praktis Modeling dan Animasi dengan Swift 3D

Book Category : Desain Grafis

ISBN 979-763-679-8
By Darjat
16x23cm, 156
Cetakan I, 2007
Harga Awal: Rp.38500

Dengan semakin meningkatnya kebutuhan modeling dan animasi 3D dewasa ini, telah bermunculan aplikasi-aplikasi pembuat grafis dengan performa dan keunggulan masing-masing. Salah satunya adalah SWIFT 3D. SWIFT 3D menawarkan performa yang khas, selain mampu menghasilkan modeling dan animasi bitmap 3D, juga karena keunggulannya dalam modeling dan animasi Vektor 3D yang dapat diintegrasikan dengan aplikasi-aplikasi web design sehubungan dengan ukuran outputnya yang ringan.
Buku ini mengulas tuntas teori dan praktek yang aplikatif dalam latihan modeling dan animasi 3D dari tingkat dasar sampai menengah. Adapun beberapa bahasan dalam buku ini adalah:

Pengenalan dan instalasi SWIFT 3D
Pengelolaan material, pencahayaan dan kamera
Teknik membuat animasi 3D
Teknik dan latihan pemodelan tingkat dasar dan menengah
Ekspor file vektor, bitmap dan web
Integritas Swift 3D dengan Flash

Buku ini juga disertai dengan CD tutorial sebagai pelengkap belajar Anda.

————————————————–

~ oleh wasiit07 pada Desember 16, 2007.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: