Sejarah Penemuan pada IT

ARTIKEL 1

Sejarah Singkat Komputer


Swipoa/Abacus (500 SM)
Abacus atau Swipoa barangkali merupakan alat hitung tertua yang keefektifannyatelah bertahan dari waktu ke waktu. Alat ini sampai sekarang masih digunakansebagai ilustrasi dasar penghitungan.
Mesin Hitung Pascal/Pascaline (1642)
Pascaline, mesin hitung ciptaan Pascal, menggunakan gir (roda gigi)berporos sebagai roda hitung untuk menghitung penjumlahan. Ia menciptakanmesin ini untuk membantu ayahnya, seorang penarik pajak, menghitung penerimaanpajak. Angka-angka pada setiap posisi digit dibuat pada roda sehingga satuputaran penuh salah satu roda menghasilkan sepersepuluh putaran roda berikutnya.
Blaise Pascal
Blaise Pascal (1623-1662), seorang filsuf dan ahli matematika berkebangsaanPerancis, menemukan dan membuat mesin penjumlahan secara mekanis yang pertama.Sekarang penemuan Pascal ini dihormati dengan penamaan bahasa pemrogramankomputer populer yang menggunakan namanya.

Mesin Tenun Jacquard (1805)
Mesin tenun Jacquard diciptakan oleh Joseph-Marie Jacquard (1753-1834)yang berkebangsaan Perancis, mesin ini sampai sekarang masih digunakan.Mesin tenun Jacquard dikendalikan dengan kartu yang dilobangi secara strategis.Kartu berlubang (pons) ini dirangkai untuk menunjukkan rancangan tenunantertentu.
Mesin Diferensi (Defference (Engine)) 1822-1833
Charles Babbage memperbaiki keadaan piranti penghitung dengan menciptakan”mesin diferensi’ yang mampu menghitung tabel-tebel matematika. Sayangnyadia hanya menyelesaikan sebagian dari mesin diferensinya. Sementara iabekerja pada mesin hitungnya, Babbage mempunyai pemikiran untuk membuatsebuah “mesin analitis.” Pada intinya, ia membayangkansebuah komputer untuk tujuan umum. Seperti rancangannya, mesin analistisini akan mampu menjumlah, mengurangi, mengalikan, dan membagi secara berurutdan otomatis dengan kecepatan 60 penjumlahan per menit. Pada tahun 1833ia merancang satu mesin yang membutuhkan ribuan gir dan poros yang jumlahnyadapat menutup luasan lapangan sepak bola dan harus digerakkan dengan mesinlokomotif.Babbage terus mengerjakan mesin analistis sampai akhir hayatnya.
Charles Babbage ( 1793-1871)
Konsep yang dipergunakan di dalam komputer tujuan umum sekarang inidiperkenalkan lebih dari seabad yang lalu oleh Charles Babbage, seorangpengkhayal dan guru besar di Universitas Cambridge yang berkebangsaan Inggris.
Lady Ada Lovelace (1843)

Lady Ada Lovelace menyarankan agar kartu-kartu berlubang dibuat dandipergunakan untuk mengoperasikan mesin hitung buatan Babbage sehinggadapat mengulang pengoperasian tertentu. Karena sarananya ini, beberapaorang menyebut Lady Lovelace sebagai pemrogram pertama.
Dr. Herman Hollerith (1884)

Herman Hellirith seorang ahli statistika, mendaftarkan hak cipta untukmesin tabulasi mendaftarkan hak cipta untuk mesin tabulasi dengan kartuberlubang. Gagasan Hollerith untuk membuat kartu berlubang ini tidak diilhamioleh pekerjaan Jacquard atau Babbage, melainkan dari “fotografi lubang”.Tiket kereta api yang dikeluarkan secara harian dan dilengkapi dengan ciri-cirifisik penumpang. Kondektur akan melubangi tiket untuk menandai warna rambutdan mata, serta bentuk hidung penumpang. Belakangan putri Hollerith menyatakan,”Tiket itu memberikan gagasan kepada ayah saya untuk membuat ‘fotolubang’ bagi sriap orang yang akan ditabulasikan, akhirnya ‘foto lubang’ini dipergunakan dalam melaksanakan sensus penduduk di Amerika Serikatpada tahun 1890. Hak ciptanya diberikan tahun 1889.
Mesin Tabulasi dengan Kartu Berlubang

Biro Sensus Amerika Serikat tidak dapat menyelesaikan penghitungan sensus 1880 sampai tahun 1888. Segera pihak manajemen biro menyimpulkam bahwasensus 10 tahunan akan membutuhkan waktu-waktu lebih dari 10 tahun untukmenyelesaikannya. Biro Sensus akhirnya memberikan wewenang kepada Hollerithuntuk menerapkan keahliannya dalam menggunakan kartu berlubang pada sensustahun1890. Dengan menggunakan kartu berlubang dan mesin tabulasi kartuberlubang Hollerith, sensus itu dapat diselesaikan hanya dalam waktu tigatahun dan proses itu menghemat biaya sebesar $ 5.000.000. Peristiwa inimembuat pemrosesan data secara otomatis mencuat ke permukaan.
Bangunan Kantor Pusat IBM Pertama (1924)

Pada tahun 1896 Herman Hollerith mendirikan Perusahaan Mesin Tabulasi(Tabulating Machine Company) yang pada tahun 1911 melebur menjadisatu dengan beberapa perusahaan lain membentuk Perusahaan PenghitunganTabulasi Perekaman (Computing-Tabulating-Recording Company). Tahun1924, Thomas J. Watson, manajer umum perusahaan ini, mengubah nama perusahaanmenjadi IBM ( International Business Machines Corporation) kemudianpindah ke bangunan ini.

Jaman EAM (1920an Sampai 1950an)
Berpuluh-puluh tahun sampai pertengahan tahun 1950-an, teknologi kartuberlubang meningkat dengan pertambahan lebih banyak lagi piranti kartuberlubang dan kemampuan yang lebih canggih. Keluarga Mesin Hitung Elektromekanis(EAM) yang menggunakan piranti kartu berlubang mencakup pelobang kartu,penguji (Verifier), reproducer, summary punch, penterjemah(interpreter), penyortir (sorter), collator, calculator, dan mesinhitung. Kebanyakan piranti dalam ruang mesin tahun 1940an “diprogram”untuk melaksanakan operasi tertentu dengan memasukkan panel kendali yangbelum berkabel. Seorang operator ruang mesin dalam instalasi kartu berlubangharus mempunyai fisik yang tangguh. Kartu-kartu berlubang dan hasil cetakandipindahkan dari satu piranti ke piranti berikutnya dengan menggunakangerobak dorong.

DR. John Atanasoff (1935)
Selama tahun 1935 sampai 1938, Dr. John Atanasoff, guru besar di UniversitasNegeri Lowa, memulai memikirkan tentang mesin yang dapat mengurangi waktuyang diperlukan untuk menghitung perhitungan matematika yang rumit danpanjang. Keputusan-keputusan yang dibuatnya berkenaan dengan konsep sepertimedia elektronik dengan tabung-tabung hampa, sistem penomoran dengan dasarbilangan 2, memori, dan sirkuit logika memberikan arah pembuatan komputermodern.
ABC (1942)

Dr. Atasanoff dan Clifford E. Berry, salah seorang mahasiswa pasca sarjananya,merangkai prototipe ABC ( Atanasoff Berry Computer), yang pada tahun 1942berubah manjadi model yang dapat bekerja seperti terlihat di samping. Namun,Negara Bagian Lowa, dunia usaha, dan mayarakat ilmiah hanya memberikansedikit perhatian terhadap ABC. Misalnya ketika Dr. Atanasoff menghubungiIBM berkenaan dengan mesin yang disebutnya sebagai “mesin hitung tepat”,perusahaan ini menjawab bahwa “IBM tidak akan pernah tertarik padamesin hitung elektronik.” Pada tahun 1973 pengadilan federal secararesmi memberikan pengakuan terhadap penemuan komputer digital elektronikotomatis Atanasoff.
MARK (1944)

Komputer elektromekanis pertama, disebut Mark I, merupakan hasil penelitianyang disponsori oleh IBM. Howard Aiken, seorang guru besar di UniversitasHarvard, menyelesaikan pembuatan Mark I pada tahun 1944. Pada dasarnyakomputer ini merupakan sekumpulan seri kalkulator elektromekanis dan mempunyaibanyak kemiripan dengan mesin analitis buatan Babbage. (Aiken tidak mengetahuipekerjaan Babbage.) Mark I merupakan kemajuan yang berarti dalam pengertiankarya, tetapi pihak manajemen IBM tetap merasa bahwa komputer elektromekanistidak akan dapat menggantikan perlengkapan dengan kartu berlubang.
ENIAC (1946)

Dr. John W. Mauchly (tengah) bekerja sama dengan J. Presper Eckert,Jr. (paling depan), membuat mesin yang mampu menghitung tabel-tabel lintasanpeluru untuk tentara Amerika Serikat. Produk akhirnya, komputer yang secarapenuh dioperasikan secara eletronis dan berskala besar diselesaikan padatahun 1946 dan diberi nama ENIAC (Electronic Numerical Integrator Computer).Komputer ENIAC (yang diperlihatkan disini), ribuan kali lebih cepat darikomputer elektromekanis sebelumnya, menandai lompatan besar dalam teknologikomputer. Beratnya mencapai 30 ton dan memerlukan ruangan seluas 15.000kaki persegi (1.393,5 persegi). Dengan jumlah tabung hampa lebih dari dari18.000, komputer ENIAC membutuhkan catu daya listrik yang luar biasa besarnya.Suatu lelucon mengatakan bahwa ketika komputer ENIAC yang dibuat di UniversitasPennsylvania diaktifkan, lampu-lampu di kota Philadelpia padam. Karenaskala dan komponen-komponen elektriknya yang mengagumkan serta dapat diterapkansecara luas, komputer ENIAC secara umum dianggap sebagai komputer digitalelektronik pertama yang fungsional.
UNIVAC I dan Komputer Generasi Pertama (1951)

Komputer generasi pertama (1951-1959) yang dicirikan dengan tabung hampa,umumnya dianggapa sebagai komputer digital elektronis pertama yang diperkenalkansecara komersial. Universal Automatic computer (misalnya UNIVAC I) yangdibuat oleh Mauchly dan Eckert untuk Remington-Rand Corporation, dipasangdi Biro Sensus tahun 1951. Akhir tahun itu, CBS News memberitakan UNIVACI secara nasional ketika komputer itu dengan tepat memprediksikan kemenanganDwight Eisenhower terhadap Adlai Stevenson pada pemilihan presiden AS denganselisih suara hanya 5%. Terlihat di gambar adalah Mr. Eckert sedang memberiinstruksi kepada koordinator wartawan (penyiar) Walter Cronkite dalam penggunaanUNIVAC I.
IBM 650 (1954)

Belum sampai UNIVAC I mencapai keberhasilannya, IBM membuat keputusandan berkomitmen untuk membangun dan memasarkan komputer. Komputer IBM pertamayang dipasarkan di pasar komputer komersial adalah IBM 701 pada tahun 1953.Namun demikian IBM 650 yang diperkenalkan pada tahun 1954 barangkali merupakanproduk yang membuat IBM menikmati pangsa pasar komputer yang sehat saatini. Tidak seperti beberapa pesaingnya. IBM 650 di rancang sebagai peningkatanlogika bagi mesin kartu berlubang yang masih ada. Manajemen IBM semakinbertambah kuat dan memperkirakan penjualan sebesar 50 unit, angka yangjauh lebih besar dari jumlah komputer yang dipandang di AS pada waktu itu.Sebenarnya IBM memasang lebih dari 1000 komputer. Sisanya merupakan suatusejarah tersendiri.
Honeywell 400 dan Komputer Generasi kedua (1959)
Penemuan transistor menandai dimulainya komputer generasi kedua (1959-1964).Komputer yang menggunakan transistor berkemampuan lebih baik, lebih terpercaya,dan lebih murah, lebih menghemat tempat serta mengakibatkan panas yanglebih kecil dibandingkan dengan komputer yang menggunakan tabung hampa.Honeywell komputer membuat dirinya sendiri menjadi pemain utama dalam komputergenerasi kedua. Pesaing-pesaing IBM terbesar selama tahun 1960-an sampaipermulaan tahun 1970-an, seperti Burroughs, Univac, NCR, CDC, dan Honyewell,dikenal dengan nama BUNCH (merupakan rangkaian huruf-huruf awal tiap nama).
PDP-8 (1963)

Selama tahun 1950an sampai awal tahun 1960an, hanya perusahaan-perusahaanyang sangat besar yang mampu membeli komputer dengan harga enam dan tujuhdigit. Pada tahun 1963 Digital Equipment Corporation memperkenalkan PDP-8.Komputer ini secara umum dianggap sebagai komputer mini pertama yang sukses.Dengan harga $ 18.000, PDP-8 yang berbasis pada transistor dengan segeramencapai keberhasilannya. Komputer ini membuktikan kebutuhan yang sangatmendesak akan komputer-komputer yang berukuran kecil bagi penggunaan perusahaandan ilmiah. Menjelang tahun 1971, lebih dari 25 pabrik membuat komputerkecil. Digital dan Data General Corporation segera memimpin dalam penjualandan pembuatan komputer mini.
IBM Sistem 260 dan Komputer Generasi Ketiga (1964)

Salah satu peristiwa yang dibagi beberapa penulis sejarah komputer dianggappaling penting dalam sejarah komputer adalah saat diumumkannya KomputerSistem 360 oleh IBM pada tanggal 7 April 1964. Sistem 360 jalur dipergunakandalam komputer generasi ketiga (1964-1971). Sirkuit terpadu menjalankanpengoperasian komputer generasi ketiga seperti transistor menjalankan komputergenerasi kedua. Business Week yang melaporkan pengumuman IBM berkenaandengan sistem 360 jalurnya, menulis “Di dalam cerita dari tahun ketahun tentang perubahan-perubahan besar produk, perubahan ini seperti Fordberalih dari model T ke Model A.” Sistem 360 dan komputer-komputergenerasi ketiga dari fabrikan lain membuat seluruh komputer yang dibangunsebelumnya menjadi usang.
Sirkuit Terpadu dan komputer Generasi keempat (1971)
Kebanyakan penjual komputer mengklasifikasikan komputernya sebagai komputergenerasi keempat. Beberapa orang lebih suka menyatakan bahwa tahun 1971merupakan permulaan dari komputer generasi keempat, dengan diperkenalkannyapenggabungan sirkuit-sirkuit elektronik berskala besar (lebih banyak sirkuitper unit ruang). Dasar teknologi komputer sekarang ini masih tetap sirkuitterpadu. Pernyataan ini tidak dimaksud untuk menyatakan bahwa selama duadasawarsa ini dilewatkan dengan tanpa inovasi yang cukup berarti. Sebenarnyaindustri komputer telah mengalami keberhasilan yang menumpulkan otak karenakemajuan pesat dalam miniaturisasi sirkuit, komunikasi data, rancanganperangkat keras dan lunak, serta piranti input/output.
Apple II (1977)

Sebelum tahun 1975 dan tidak terlalu lama setelah diperkenalkan komputerpribadi (PC) Altair 8800 telah tersedia bagi perseorangan dan perusahaansangat kecil. Peristiwa ini telah membawa perubahan yang terus menerusdalam masyarakat mengenai penerimaan mereka terhadap komputer. Tentu sajakeberanian mengambil resiko usaha yang paling menonjol selama tahun-tahunpertama PC adalah komputer Apple II . Dua orang muda penggemar komputer, Steve Jobs dan Steve Wozniak (saat itu masing-masing berumur 21 tahundan 26 tahun), bekerja sama untuk menciptakan dan menbangun komputer AppleII-nya sendiri secara tambal sulam dalam garasi jobs. Tujuh tahun kemudian,Apple Computer masuk dalam daftar Fortune 500, sebuah daftar yangmemuat 500 perusahaan terbesar di Amerika Serikat.
PC IBM (1981)

Pada tahun 1981 IBM melemparkan topinya ke gelanggang komputer pribadidengan mengumumkan PC IBM. Pada tahun pertama 35.000 komputer terjual.Pada tahun 1982, 800.000 komputer terjual, dan PC IBM dengan sendirinyamenjadi standar bagi industri mikro. Ketika penjual perangkat lunak mulaimengarahkan peroduk-produknya ke PC IBM, banyak pabrikan komputer menciptakandan menjual tiruan (clones) PC IBM. Kelompok-kelompok ini disebut IBM-PCcompatibles, menyebabkan kebanyakan perangkat lunak dirancang bagiPC IBM.
Teknologi Komputer Saat Sekarang

Teknologi komputer yang ada saat sekarang ini berukuran lebih kecil,namun mempunyai kecepatan proses yang jauh lebih tinggi, harga yang lebihmurah dan lebih berdaya guna bila dibandingkan dengan generasi ENIAC. KarenaMelonjaknya produksi komputer mikro, pemakai pribadi yang bukan profesionaldalam bidang komputer saat ini merrupakan pengguna mayoritas. Untuk membuatkomputer lebih bersahabat , banyak perusahaan komputer mengembangkan GraphicalUser Interface (GUI) yang dapat memberikan gambar dan menu (daftar pilihanperintah) yang dapat dipilih oleh pengguna hanya dengan menggunakan mouse.GUI ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1984 oleh Apple dan dipergunakandalam Macintosh.

Macintosh juga tjavascript:void(0)
Publish Postelah mengembangkan GUI yang serupa yang dikenal dengannama Windows. Selain itu kebanyakan program terapan yang beru sekarangdilengkapi dengan tutorial dan menu bantu yang cukup luas bagi para pengguna baru.

Sejak tahun 1981 industri komputer micro telah terpisah yaitu antarakomputer mikro Apple dan komputer mikro IBM. Kedua kelompk ini tidak dapatmempergunakan program-progeam yang sama. Pada tahun 1991, Apple dan Motorollamemasuki kesepakatan bersama yang menghasilkan pengembangan komputer mikroyang dapat dipindah-pindahkan antara data Macintosh dengan data IBM. Bahkankedua kelompok ini telah berpacu untuk sering meningkatkan kecepatan maupunkemampuan masing-masing produknya

ARTIKEL 2

Sejarah Penyimpanan Data (Data Storage)

Perkembangan media penyimpanan data (data storage) sejak komputer tercipta berubah sangat signifikan. Perbandingannya sangat mencolok, sebagai contoh data yang tersimpan dalam sebuah media penyimpanan sangat kecil, di bawah 4096 bits. Jika dikalkulasikan, 1 DVD setara dengan 90.000.000 punch card!!.

  1. Punch Card

    punch_card.gifSejak tahun 1725 telah dirancang sebuah media untuk menyimpan data yang diperkenalkan oleh seorang tokoh bernama Basile Bouchon menggunakan sebuah kertas berforasi untuk menyimpan pola yang digunakan pada kain. Namun pertama kali dipatenkan untuk penyimpanan data sekitar 23 September 1884 oleh Herman Hollerith – sebuah penemuan yang digunakan lebih dari 100 tahun hingga pertengahan 1970. Contoh di sini adalah bagaimana sebuah punch card dapat berfungsi sebagai media penyimpanan, memiliki 90 kolom (90 column punch card), terjadi tahun 1972. Jumlah data yang tersimpan dalam media tersebut sangat kecil, dan fungsi utamanya bukanlah menyimpan data namun menyimpan pengaturan (setting) untuk mesin yang berbeda.

    Sejak tahun 1725 telah dirancang sebuah media untuk menyimpan data yang diperkenalkan oleh seorang tokoh bernama Basile Bouchon menggunakan sebuah kertas berforasi untuk menyimpan pola yang digunakan pada kain. Namun pertama kali dipatenkan untuk penyimpanan data sekitar 23 September 1884 oleh Herman Hollerith – sebuah penemuan yang digunakan lebih dari 100 tahun hingga pertengahan 1970. Contoh di sini adalah bagaimana sebuah punch card dapat berfungsi sebagai media penyimpanan, memiliki 90 kolom (90 column punch card), terjadi tahun 1972. Jumlah data yang tersimpan dalam media tersebut sangat kecil, dan fungsi utamanya bukanlah menyimpan data namun menyimpan pengaturan (setting) untuk mesin yang berbeda.

    Sejak tahun 1725 telah dirancang sebuah media untuk menyimpan data yang diperkenalkan oleh seorang tokoh bernama Basile Bouchon menggunakan sebuah kertas berforasi untuk menyimpan pola yang digunakan pada kain. Namun pertama kali dipatenkan untuk penyimpanan data sekitar 23 September 1884 oleh Herman Hollerith – sebuah penemuan yang digunakan lebih dari 100 tahun hingga pertengahan 1970. Contoh di sini adalah bagaimana sebuah punch card dapat berfungsi sebagai media penyimpanan, memiliki 90 kolom (90 column punch card), terjadi tahun 1972. Jumlah data yang tersimpan dalam media tersebut sangat kecil, dan fungsi utamanya bukanlah menyimpan data namun menyimpan pengaturan (setting) untuk mesin yang berbeda.

  2. Punch Tape

    Punch TapeSeorang tokoh bernama Alexander Bain merupakan orang yang pertama kali mengetahui penggunaan paper tape yang biasanya digunakan untuk mesin faksimili dan mesin telegram (tahun 1846). Setiap baris tape menampilkan satu karakter, namun karena Anda dapat membuat fanfold dengan mudah maka dapat menyimpan beberapa data secara signifikan menggunakan punch tape dibandingkan dengan punch card.


ARTIKEL 3

Penggunaan Komputer

Komputer digital pertama, dengan ukuran dan biaya yang besar, sebagian besar mengerjakan perhitungan ilmiah. ENIAC, komputer awal AS semula didesain untuk memperhitungkan tabel ilmu balistik untuk persenjataan (artileri), menghitung kerapatan penampang neutron untuk melihat jika bom hidrogen akan bekerja dengan semestinya (perhitungan ini, yang dilakukan pada Desember 1945 sampai Januari 1946 dan melibatkan dala dalam lebih dari satu juta kartu punch, memperlihatkan bentuk lalu di bawah pertimbangan akan gagal). CSIR Mk I, komputer pertama Australia, mengevaluasi pola curah hujan untuk tempat penampungan dari Snowy Mountains, suatu proyek pembangkitan hidroelektrik besar. Yang lainnya juga dipakai dalam kriptanalisis, misalnya komputer elektronik digital yang pertama, Colossus, dibuat selama Perang Dunia II. Akan tetapi, visionaris awal juga menyangka bahwa pemrograman itu akan membolehkan main catur, memindahkan gambar dan penggunaan lain.

Orang-orang di pemerintah dan perusahaan besar juga memakai komputer untuk mengotomasikan banyak koleksi data dan mengerjakan tugas yang sebelumnya dikerjakan oleh manusia – misalnya, memelihara dan memperbarui rekening dan inventaris. Dalam bidang pendidikan, ilmuwan di berbagai bidang mulai memakai komputer untuk analisa mereka sendiri. Penurunan harga komputer membuat mereka dapat dipakai oleh organisasi yang lebih kecil. Bisnis, organisasi, dan pemerintah sering menggunakan amat banyak komputer kecil untuk menyelesaikan tugas bahwa dulunya dilakukan oleh komputer kerangka utama yang mahal dan besar. Kumpulan komputer yang lebih kecil di satu lokasi diserahkan ke sebagai perkebunan server.

Dengan penemuan mikroprosesor di 1970-an, menjadi mungkin menghasilkan komputer yang sangat murah. PC menjadi populer untuk banyak tugas, termasuk menyimpan buku, menulis dan mencetak dokumen. Perhitungan meramalkan dan lain berulang matematika dengan spreadsheet, berhubungan dengan e-pos dan, Internet. Namun, ketersediaan luas komputer dan mudah customization sudah melihat mereka dipakai untuk banyak maksud lain.

Sekaligus, komputer kecil, biasanya dengan mengatur memprogram, mulai menemukan cara mereka ke dalam alat lain seperti peralatan rumah, mobil, pesawat terbang, dan perlengkapan industri. Yang ini prosesor benam menguasai kelakuan alat seperti itu yang lebih mudah, membolehkan kelakuan kontrol yang lebih kompleks (untuk kejadian, perkembangan anti-kunci rem di mobil). Saat abad kedua puluh satu dimulai, kebanyakan alat listrik, kebanyakan bentuk angkutan bertenaga, dan kebanyakan batas produksi pabrik dikuasai di samping komputer. Kebanyakan insinyur meramalkan bahwa ini cenderung kepada akan terus.

ARTIKEL 4

Komputer: Sejarah, Perkembangan dan Penerapannya – Bagian I

Author: Ario Sutomo
Published: June 30, 2005
Visits: 21713 – Category:
Reference

Sejarah per-komputer-an memiliki arti yang sangat penting bagi kita. Selama dua dekade terakhir telah banyak terjadi sesuatu yang menggemparkan tetapi tidak semeriah sejarah komputer elektronik. Pada masa orang-orang tinggal dan bekerja, penemuan komputer oleh John V. Atanasoff (1942) bisa digolongkan pada salah satu dari peristiwa-peristiwa yang penting dalam sejarah. Namun, semua tidak terjadi begitu saja. Ada beberapa penemuan & peristiwa pada masa sebelumnya yang mendasari itu semua.Sejarah Purbakala
Sejarah komputer elektronik modern memang dianggap mulai pada tahun 1942, tetapi penemuan-penemuan sebelumnyalah yang lebih berperan dalam penemuan-penemuan komputer elektronik berikutnya.

Abacus
Abacus mungkin alat hitung manual pertama di dunia. Abacus (mungkin) telah ditemukan setidaknya 5000 tahun yang lalu. Kemampuannya telah terbukti sejak digunakannya sebagai alat penghitung di sekolah dan per-bisnisan modern. Sekarang abacus lebih di kenal sebagai cipoa. Sebenarnya, abacus berasal dari Mesir, tetapi oleh orang Cina dibawa ke negerinya sehingga berubah namanya menjadi cipoa.

Pascaline
Blaise Pascal (1623-1662), seorang ahli filosofi dan matematika, menemukan alat penghitung mekanik pertama yang berupa mesin. Alat tersebut disebut Pascaline dan menggunakan ‘roda penghitung’ untuk menjumlahkan bilangan. Walaupun atas penemuannya ini Pascal dipuji sampai keseluruh Eropa, tetapi Pasaline merupakan alat yang sukar untuk diperbaiki jika rusak. Hanya Pascal saja yang bisa memperbaiki alat tersebut, sehingga para pengusaha menganggap alat tersebut terlalu kompleks. Selain itu pada masa tersebut tenaga kerja bidang perhitungan aritmatik sangat murah dibanding dengan tenaga kerja bidang mesin.

Bagaimanapun desain ‘roda penghitung’ masih digunakan oleh seluruh alat hitung setidaknya sampai pertengahan tahun 1960. Kemudian alat penghitung mekanik telah dianggap usang sejak ditemukannya alat penghitung elektronik.

Babbage’s Folly
Mungkin Charles Babbage (1792-1871) yang telah mempercepat perkembangan komputer sejak 1600-an. Ia memajukan perkomputeran di bidang hardware dengan menemukan sebuah difference engine yang memungkinkan perhitungan tabel matematika. Pada tahun 1834, ketika bermaksud mengembangkan difference engine-nya, Babbage menemukan ide mengenai analytical engine. Orang-orang yang skeptik menyebut penemuannya dengan nama Babbage’s Folly (kebodohan Babbage). Babbage bekerja dengan mesin penganalisanya hingga meninggal.

Pemikiran-pemikiran Babbage yang terperinci (hasil penelitiannya) menggambarkan karakteristik dari komputer elektronik modern. Semenjak Babbage dilahirkan pada era teknologi elektronik, mesin berhitung elektronik mungkin telah ditemukan jauh sebelumnya. Ironisnya, para pelopor sebelumnya dalam pengembangan mesin berhitung elektronis tidak sadar akan idenya mengenai memori, printer, punched-card dan serangkaian program pengontrol.

Peralatan Punched-card
Punched-card Pertama
Alat tenun Jacquard ditemukan tahun 1801 dan masih digunakan sekarang, alat ini dikendalikan dengan punched-card (punched-card). Punched-card ditemukan oleh orang Perancis yang bernama Joseph-Marie Jacquard (1752-1834). Lubang merupakan inti dari punched-card dan kartu-kartu tersebut menunjukkan desain untuk tenunan.

Babbage ingin menerapkan konsep punched-card dari alat tenun Jacquard untuk analytical engine-nya. Pada tahun 1843, Lady Ada Augusta Lovelace menilai punched-card tersebut bisa dirancang untuk menginstruksikan mesin analisis milik Babbage untuk mengulang operasi-operasi tertentu. Atas penilaiannya, beberapa orang menganggap Lady Lovelace sebagai programmer pertama (walaupun masih diperdebatkan).

Munculnya Pemrosesan Data Otomatis
The U.S. Bureau of Cencus tidak menyelesaikan sensus sejak tahun 1880 sampai hampir 1888. Pimpinan Bureau segera menghentikannya sebelum berlangsung selama 10 tahun. Komisi The U.S. Bureau, Herman Hollerith seorang ahli statistik menggunakan keahliannya dalam menggunakan punched-card untuk sensus pada tahun 1890. Dengan pemrosesan punched-card dan mesin Hollerith (Hollerith’s punched-card machine), sensus bisa selesai dalam waktu 2,5 tahun. Inilah dimulainya pemrosesan data secara otomatis. Jerih payah Dr. Hollerith membuktikan sekali lagi bahwa “kebutuhan merupakan ibunya penemuan”.

Hollerith mendirikan Tabulating Machine Company dan menjual produknya ke seluruh dunia. Permintaan mesin Hollerith menyebar sampai ke Rusia. Sensus pertama di Rusia (1897) menggunakan mesin Hollerith. Pada tahun 1911, Tabulating Hollerith Company merger dengan beberapa perusahaan lain dan berganti nama menjadi Computing-Tabulating-Recording Company.

Electromechanical Accounting Machine
Hasil (output) dari mesin Hollerith masih harus ditulis tangan, sampai pada tahun 1919 Computing-Tabulating-Recording Company mengumumkan telah menciptakan printer/lister yang lama kelamaan merubah jalan hidup perusahaan tersebut. Untuk mengembangkan jangkauannya, pada tahun 1924 perusahaan tersebut merubah namanya menjadi International Business Machine Corporation (IBM).

Sampai pertengahan tahun 1950, teknologi punched-card diperbaiki dengan penambahan beberapa alatnya serta kemampuan yang lebih pintar. Pada setiap kartu biasanya mengandung sebuah record (misal nama dan alamat), pada pemrosesan punched-card juga ada yang disebut sebagai unit record processing (satu kartu = satu record). Walaupun pemrograman interaktif dan on-line data entry telah membuat punched-card secara ekonomis usang, kita masih bisa menemukannya di tempat terpencil (mungkin tidak di Indonesia).

Keluarga dari mesin punched-card Electromechanical Accounting Machine (EAM) tersedia dengan card punch, verifier, reproducer, summary punch, interpreter, sorter, collator, calculator, dan mesin akunting. Kebanyakan dari alat-alat tersebut di program untuk melakukan operasi khusus dengan menyisipkan papan kontrol yang prewired. Sebuah panel yang berbeda terhubung (wired) untuk tiap jenis operasi untuk bekerja.

Pemrosesan Punched-card
Ruangan mesin yang menggunakan punched-card telah membuka lowongan kerja. Beberapa ruangan tersebut mirip sebuah pabrik. Punched-card dan hasil cetakan dari printer dipindahkan dari alat lain ke yang lainnya dengan menggunakan gerobak tangan. Tingkat kebisingannya tidak jauh berbeda dengan sebuah pabrik mobil.

Untuk mempersiapkan arsip-arsip punched-card yang akan diproses, kartu-kartu tersebut harus sudah tersortir dan tersusun. Karena setiap alat-alat punched-card beroperasi secara bebas, beberapa langkahnya disebut “langkah-langkah mesin” yang dibutuhkan untuk menghasilkan keluaran. Dalam sekali langkah, tiap arsip membaca satu kartu dalam satu waktu. Pada kebanyakan sistem informasi modern, hanya bagian dari database yang dibutuhkan saja yang diproses, biasanya dalam satu langkah

 ARTIKEL 5

Sejarah Penemuan Mouse

”Mouse”, tak Sekadar Pelengkap Komputer

BAGI para pengguna komputer tentu sudah mengenal benda bernama mouse. Perangkat keras yang satu ini memang wajib dimiliki. Walaupun sebuah komputer masih bisa dijalankan tanpanya, bisa dibayangkan betapa repotnya para pengguna komputer untuk mengoperasikan sistem secara cepat dan normal.

Sejak pertama kali diperkenalkan oleh Stanford Research Institute pada 1963, kemudahan mengoperasikan komputer makin nyata dengan hadirnya mouse. Evolusi mouse pun berkembang seiring kemajuan zaman. Kini, mouse tak hanya ”klik” kiri ”klik” kanan. Berbagai fitur tambahan disematkan demi kepentingan pasar. Berbagai vendor terkemuka pun berlomba mengembangkan teknologinya demi menggaet konsumen.

AirO2bic
”Mouse” untuk penderita parkinson

Mouse ini terbuat dari plastik, dengan dimensi yang cenderung vertikal, bukan horizontal seperti kebanyakan mouse pada umumnya. Rancang bentuknya memang didesain khusus untuk penderita Parkinson dan artisis.

Pengguna cukup menggerakkan tangannya seperti ketika ia berjabat tangan dengan orang lain. Dua klik dan scroll wheel pun tersedia. Cuma, letaknya bukan di samping, melainkan di bagian bawah. Cara menggerakkan kursornya sama seperti mouse konvensional. Desainer AirO2bic telah menggelar riset selama dua bulan. Hasilnya, mouse ini membantu penderita Carpal Tunnel Syndrome (CTS), penyakit penyempitan saraf medianus di sekitar pergelangan tangan yang muncul karena aktivitas berlebih. Dengan rajin-rajin menggunakan mouse ini, gejala umum penyakit yang muncul karena aktivitas berlebih itu bakal berkurang. Mouse AirO2bic ini dijual seharga 99,99 dolar AS.

Zero tension
”Mouse” antipegal

Bagi para pemain game serta mereka yang doyan berselancar di dunia maya yang terkadang lupa waktu, mouse ini sangat nyaman digunakan. Mouse hasil rancangan Dr. P. Michael Leahy yang diberi nama zero tension mouse ini mampu menghilangkan pegal yang sering dirasakan para pengguna yang biasa memakai mouse biasa selama berjam-jam. Klik kanan dan kiri mouse ini terletak di genggaman tangan, sementara scroll wheel-nya di ujung atas. Dimensinya cenderung panjang. Mouse yang disinyalir paling nyaman ini dijual seharga 79,95 dolar AS.

Wow Pen Deluxe
”Mouse” pena serbaguna

Sesuai namanya mouse ini bentuknya memang mirip ballpoint (pena). Mouse hasil rancangan INNO ini mempunyai kegunaan cukup beragam. Dengan koneksi wireless, selain berfungsi sebagai pen mouse yang bekerja pada RF 2,4GHZ, mouse ini dapat digunakan dalam radius 55 meter dari komputer. Dengan teknologi bluetooth, tentunya. Kelebihan lainnya, mouse ini memiliki memory space sebesar 256 – 512 MB. Cukup besar untuk dimanfaatkan sebagai penyimpan data layaknya sebuah flash disc. Mouse yang simple ini diperkirakan berharga Rp 660 ribu.

Sysgration
”Mouse” plus phone VoIP

Mouse ini didesain oleh perusahaan penyedia jasa digital telephone atau VoIP (Voice over Internet Protocol). Fungsi utamanya tetap sama seperti mouse biasa. Tapi, begitu bagian atasnya dibuka, langsung berubah menjadi ponsel model flip. Selain keypad, mouse ponsel ini juga dilengkapi layar LCD monochrome. Memungkinkan untuk mengirim dan menerima SMS. Jadi, para pengguna komputer tidak harus beranjak jika menerima telefon secara tiba-tiba.

Pointer Wireless ”Mouse”
Bermanfaat untuk presentasi

Inilah wireless mouse yang dapat digunakan layaknya mouse biasa, namun tanpa alas. Pengguna dapat menggerakkan pointer-nya meski mouse tidak diletakkan pada mouse pad. Maklum, scroll ball diletakkan di bagian atas, dan bolanya dapat bergerak ke segala arah. Beda dengan mouse biasa, yang scroll ball-nya terletak di bagian bawah dan hanya dapat bergerak maju mundur. Dengan sumber tenaga dua buah baterai AA, mouse ini dapat di-charge lewat kabel USB yang terkoneksi ke komputer. Dilengkapi laser pointer, amat cocok buat mereka yang sering menggelar presentasi. Harganya 150.000 yen.

Mouse MX518
Fungsi maksimal untuk para ”gamer”

Para pencinta game bakal lebih dimanjakan lagi dengan adanya mouse produk Logitech ini. Mouse ini memang unik, bentuknya seperti mouse kebanyakan namun penyok di sana-sini. Panel kontrolnya tersambung penuh ke bodi dengan roda penggulung (scroll) dapat ditekan ke bawah. Di atas dan bawah roda penggulung terdapat tombol untuk mengatur resolusi. Pengguna bisa menyetel resolusi menjadi 400, 800, atau 1.600 dpi (dot per inch), dengan prosesor image 5,8 megapixel (MP). Di atas tombol pengatur resolusi dpi terdapat tombol untuk berpindah dari satu jendela (window) aplikasi ke jendela lain yang sedang aktif di layar komputer. Fungsi tombol ini sama kombinasi tombol keyboard Alt+Tab pada sistem operasi Windows. Di sisi kiri bodi mouse, terdapat dua tombol untuk forward (maju) dan backward (mundur). Tombol ini dapat digunakan untuk forward dan backward situs internet yang sedang diselancari. Atau, bisa pula untuk menjalankan presentasi PowerPoint dan memilih lagu MP3 pada aplikasi WinAmp.

MugMouse
Berfungsi jadi cangkir kopi

Berkomputer sambil minum kopi atau susu panas memang mengasyikkan. Inilah mungkin yang mengilhami desainer Louise Wictoria Klinker untuk menciptakan mouse komputer yang bisa dipakai untuk wadah minum kopi. Atau sebaliknya, bisa menjadi mug kopi yang dapat dipakai sebagai mouse komputer. Namun, saat MugMouse ini diisi dengan minuman, mugmouse harus digeser dengan lebih lambat dan hati-hati ketika dipakai bak mouse konvensional.

Alhasil, pengguna pun harus lebih menyesuaikan diri dan sabar di kala memakai mouse yang di atasnya berisikan minuman tersebut.

ARTIKEL 6

Sejarah Intel & Intel 4004

Pada bulan November 1971, suatu perusahaan yang bernama Intel mengumumkan single chip microprocessor pertama di dunia yang bernama Intel 4004 (dengan nomor paten US Patent #3,821,715). Produk tersebut diciptakan oleh insinyur Intel, Federico Faggin, Ted Hoff dan Stan Mazor. Setelah penemuan integrated circuits, maka terjadilah revolusi di bidang desain komputer, khususnya di sisi ukurannya. Chip Intel 4004 sudah berhasil membuktikan bahwa mampu untuk meletakkan semua bagian yang membuat komputer bisa “berpikir” (misalnya central processing unit, memory, input dan output control) ke dalam satu chip yang berukuran kecil. Dunia pemrogramanpun berkembang seiring dengan berkembangnya prosesor.

Sejarah Intel
Pada tahun 1968, Bob Noyce dan Gordon Moore merupakan dua orang yang tidak “bahagia” yang bekerja bagi Fairchild Semiconductor. Mereka akhirnya memutuskan untuk keluar dan membuat perusahaan sendiri.

Bob Noyce kemudian menuliskan ide-idenya ke dalam satu halaman mengenai apa yang akan mereka lakukan pada perusahaan yang baru. Hal tersebut akhirnya sudah cukup meyakinkan investor dari San Francisco, Art Rock, untuk menaikkan investasinya ke perusahaan mereka. Art Rock menaikkan USD$ 2.5 juta dalam waktu kurang dari dua hari.

Masalah berikutnya adalah masalah nama perusahaan. Nama “Moore Noyce” sudah terdaftar oleh sebuah jaringan hotel, sehingga mereka memutuskan untuk menggunakan nama “Intel” sebagai nama perusahaan baru mereka. Intel merupakan singkatan dari Integrated Electronics.

Produk pertama Intel yang menghasilkan uang adalah 3101 Schottky bipolar 64-bit static random access memory (SRAM) chip. Pada akhir tahun 1969, sebuah klien potensial dari Jepang yang bernama Busicom, meminta Intel untuk mendesain dua belas macam chip yang berbeda. Chip-chip ini memiliki fungsi-fungsi yang berbeda seperti untuk keyboard scanning, display control, printer control dan fungsi-fungsi lainnya. Ini digunakan oleh Busicom untuk memproduksi kalkulator mereka.

Intel sadar bahwa mereka tidak memiliki sumber daya yang cukup untuk melaksanakan tugas tersebut, tetapi mereka cukup memiliki otak yang pintar yang bisa membuat solusi yang jitu. Salah seorang insinyur Intel, Ted Hoff memutuskan agar Intel membuat satu chip tetapi yang bisa melakukan ke dua belas pekerjaan tadi. Intel dan Busicom kemudian setuju dan mereka akhirnya membuat chip yang bisa diprogram dan juga bisa dipergunakan untuk berbagai keperluan.

Federico Faggin memimpin tim desain bersama dengan Ted Hoff dan Stan Mazor yang menulis software untuk chip yang baru ini. Sembilan bulan kemudian, sebuah revolusi telah lahir. Dengan lebar 1/8 inci dan panjang 1/6 inci dan berisi 2300 MOS (metal oxide semiconductor) transistor, chip bayi ini sudah memiliki kekuatan yang sama seperti ENIAC, yang mana memakan tempat yang cukup besar.

Cerdiknya, Intel memutuskan untuk membeli kembali desain dan hak marketing terhadap prosesor 4004 dari pihak Busicom senilai USD$ 60.000. Tahun berikutnya Busicom mengalami kebangkrutan dan mereka tidak pernah memproduksi barang dengan menggunakan prosesor Intel 4004. Intel kemudian melaksanakan rencana marketing yang cerdik, dimana mereka menggalakkan pembangunan aplikasi dengan menggunakan chip 4004 mereka. Hal ini terbukti sukses dan chip 4004 banyak digunakan dalam masa-masa berikutnya.

Intel 4004
Intel 4004 merupakan microprocessor universal pertama di dunia. Pada akhir tahun 1960, banyk ilmuwan yang telah mendiskusikan kemungkinan suatu komputer dalam sebuah chip, tetapi hampir semua orang berpikiran bahwa teknologi integrated circuit belum siap untuk mendukung chip seperti itu. Ted Hoff dari Intel berpikiran lain, dia merupakan orang pertama yang sadar bahwa teknologi baru yang berbasis silicon MOS mampu untuk membuat CPU dalam sebuah chip.

Hoff dan tim dari Intel kemudian membangun sebuah arsitektur dengan melibatkan 2300 transistor ke dalam sebuah area 3×4 milimeter. Prosesor ini sudah dilengkapi dengan 4-bit CPU, command register, decoder, decoding control, control monitoring dari machine command dan juga interim register. Ini membuat 4004 menjadi suatu penemuan yang sangat berarti. Saat ini, mikroprosesor 64-bit masih berbasis pada desain yang sama dan juga mikroprosesor masih tetap menjadi produk paling kompleks yang diproduksi secara masal, dimana saat ini jumlah transistor yang terkandung di dalam prosesor bisa mencapai 5.5 juta yang mana mampu untuk melakukan jutaan kalkulasi dalam satuan detik, dimana angka-angka tersebut akan cepat berubah di masa yang akan datang.

Sebagai catatan, pesawat luar angkasa Pioneer 10 di dalamnya menggunakan processor Intel 4004 dan sudah diluncurkan pada tanggal 2 Maret 1972. Pesawat ini merupakan pesawat pertama (beserta prosesornya) yang berhasil menjangkau sabuk asteroid di luar angkasa.

~ oleh wasiit07 pada September 12, 2007.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: