Trend Teknologi Informasi

ARTIKEL 1

Tren Teknologi Tahun 2007

26.02.2007

Organisasi-organisasi terus berinvestasi dalam teknologi dan akan terjadi sebuah perpindahan tetap dalam manajemen. Pengguna-pengguna TI terus mengawasi ROI dan TCO dari investasi-investasi TI mereka. Tren 2006 akan berlanjut ke 2007.Bertumbuhnya edukasi TI, pengembangan produk, ERP, CRM, HCM, layanan-layanan software atau bahkan integrasi usaha, semuanya adalah hasil dari evolusi TI dan penggunaannya untuk membangun usaha di seluruh dunia. Indonesia adalah sebuah pelanggan TI yang signifikan di wilayah ini.

Dalam sebuah pasar berkembang seperti Indonesia, konsolidasi menjadi semakin penting dan banyak organisasi TI bergerak menuju konsolidasi usaha. Dengan merger dan akuisisi-akuisisi, menjadi penting bagi perusahaan untuk memastikan integrasi yang mulus dari penggabungan aset-aset keuangan, sistem-sistem dan proses-proses, manusia, teknologi, IPR, produk-produk dan layanan-layanan dari hasil merger ini. Agar hal ini bisa berjalan lancar, organisasi harus mengadopsi sebuah pendekatan service-oriented architecture (SOA).

Seiring dengan persiapan perusahaan Indonesia untuk menghadapi persaingan keras dari perusahaan-perusahaan besar internasional dan dengan komoditas TI dan pengembangan teknologi baru, semakin banyak organisasi telah mulai dengan serius mengeksplorasi penggunaan TI inovatif untuk membantu mereka berkembang. Tahun 2007 ini akan ditandai dengan munculnya dan menjadi dewasanya alat-alat khusus TI seperti solusi software sebagai sebuah layanan, komputasi grid, business intelligence, CRM, dan HCM. Tidak hanya organisasi-organisasi besar yang akan mengadopsi teknologi-teknologi baru ini, bahkan UKM di Indonesia akan memintanya. Peningkatan baru ini bisa diatribusikan ke peningkatan lingkungan usaha yang bersaing dan juga garis batas yang ketat diatur oleh pembuat kebijakan dalam memastikan good governance.

Hasilnya adalah masalah-masalah yang berhubungan dengan kepatuhan, transparansi, dan pembobolan keamanan informasi pun menjadi titik-titik perhatian. Karena semakin banyak perusahaan Indonesia berpartisipasi sebagai penyedia, kontraktor atau pelanggan-pelanggan dalam ekosistem perdagangan global, pengertian akan penggunaan norma-norma kepatuhan global menjadi penting bagi perusahaan-perusahaan.

Saat ini, tanpa melihat di mana perusahaan tersebut berada, jika melakukan usaha dalam skala global, yang sekarang banyak dilakukan perusahaan Indonesia, mereka perlu dimengerti praktik-praktik terbaik dan ukuran kepatuhan yang diadopsi oleh perusahaan di berbagai tempat. Menjadi semakin penting bagi mereka untuk mampu melakukan usaha dengan perusahaan-perusahaan lain di seluruh dunia secara mulus dan bertanggung jawab.

Perkiraan-perkiraan Tren di Tahun 2007
1. SOA dan standar-standar terbuka akan menjadi sebuah feature penting dalam investasi infrastruktur TI yang semakin besar
Sebagaimana perusahaan-perusahaan di Asia Pasifik dipaksa untuk lebih cepat menjawab tantangan-tantangan persaingan dan pelanggan yang semakin besar, banyak dari mereka akan mencoba menggunakan sebuah Service-Oriented architecture (SOA) sebagai sebuah pembeda usahanya. Dengan SOA, organisasi-organisasi akan memiliki sebuah infrastruktur yang fleksibel dan bisa diadaptasi, yang akan membuat mereka untuk menjadi lebih luwes sekaligus di saat yang sama mengurangi biaya pengaturan lingkungan-lingkungan TI mereka.

2. Organisasi-organisasi akan terus mencari cara untuk mengurangi biaya TI
Organisasi-organisasi dalam berbagai ukuran akan terus mencari cara untuk mengurangi biaya infrastruktur TI usaha mereka. Komputasi grid dengan real application clusters dan sebuah teknologi dan software aplikasi terintegrasi dengan fungsi-fungsi yang spesifik dengan industri dan proses usaha yang bisa beradaptasi akan secara dramatis membantu mengurangi biaya implementasi dan manajemen software.

3. Peningkatan fokus pada Business Intelligence
Business Intelligence (BI) akan terus menjadi sebuah prioritas teknologi bagi CIO-CIO. Sebuah survei Gartner yang dilakukan di awal tahun 2006 dengan sekitar 1.400 CIO menempatkan BI sebagai prioritas teknologi nomor satu.
Sejarahnya, BI selalu “dianaktirikan” dan hanya digunakan untuk analisis yang melihat ke belakang seperti aplikasi-aplikasi pelaporan dan tipe query. Gelombang BI selanjutnya akan digunakan lebih luas dalam organisasi-organisasi dan enterprise mereka untuk menyediakan informasi analisis real time strategis bagi pembuatan keputusan usaha.
Perusahaan akan mendapatkan pemandangan-pemandangan usaha yang lebih lengkap dan tepat waktu dan juga mendorong aksi dan proses yang lebih efektif, melalui kombinasi database dan aplikasi-aplikasi analisis dan juga memasukkan alat-alat BI dalam proses-proses usaha. Organisasi terkemuka di wilayah ini menggunakan alat-alat BI dan aplikasi data warehousing.
Oracle adalah vendor paltform BI stand-alone dengan pertumbuhan tercepat di Asia Pasifik, tidak termasuk Jepang. Menurut sebuah laporan Gartner 15 Januari 2007 baru-baru ini, Oracle mencatat pertumbuhan pendapatan 64,8% di pasar BI stand-alone di Asia Pasifik di tahun 2005, dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Pertumbuhan pasar rata-rata dalam pasar platform BI stand alone adalah 12,1%.

4. Peningkatan penerimaan dan permintaan untuk software sebagai sebuah layanan
Software sebagai sebuah layanan adalah istilah yang menjelaskan generasi berikutnya dari penghantaran, implementasi dan manajemen software. Semakin banyak organisasi di Asia Pasifik menemukan nilai software sebagai sebuah layanan. Organisasi-organisasi ingin orang-orang TI mereka berfokus dalam aktivitas yang memiliki return on investment (ROI) yang bisa diperlihatkan. Dengan melakukan outsourcing elemen-elemen kunci dari operasi TI mereka ke sebuah penyedia layanan yang sudah berpengalaman, usaha-usaha mencapai efisiensi yang lebih besar, mengurangi pengeluaran-pengeluaran TI ke sebuah biaya bulanan yang bisa diperkirakan dan meningkatkan kehandalan, skalabilitas, dan keamanan sistem TI mereka.
Solusi-solusi yang di-host (software sebagai sebuah layanan atau software as a service) telah mendapatkan banyak perhatian di tahun 2006 sebagai salah satu teknologi yang menjanjikan fleksibilitas dengan set-up yang lebih cepat dan biaya implementasi yang lebih rendah, sementara solusi on-premise terus menjadi sebuah pilihan deployment yang penting. Berkembangnya solusi-solusi yang di-host memberikan opsi bagi pelanggan-pelanggan untuk memilih dari kombinasi-kombinasi hybrid dari kedua solusi di-host (SaaS) dan on-premise untuk memenuhi kebutuhan usaha yang spesifik.

 

ARTIKEL 2

 

Bagaimana Tren Malware Saat ini?

Serangan malware mengalami perubahan dalam gaya, motivasi, dan sasaran. Masa dari perjangkitan malware secara global pun dianggap telah berakhir. Serangan malware dewasa ini berusaha untuk tak terdeteksi dan kini sering mengincar para pengguna dalam wilayah yang spesifik, negara atau grup.

Serangan-serangan baru ini sering kali terjadi di luar campuran serangan dan sifat dari malware yang sebelumnya. Serangan ini menggunakan kombinasi malware. Setiap serangan memiliki peran dalam mengantar muatan ancaman. Menggunakan web, fasilitas update aplikasi, dan penambal celah dalam melancarkan serangan seperti serangan internal yang melaporkan pencurian kembali informasi dari para penyusup dengan tujuan akhir ternyata bertujuan mencari keuntungan finansial.

Pada semester pertama di tahun 2007, TrendLabs mendeteksi beberapa contoh perubahan landscape ancaman, termasuk yang terjadi pada awal tahun dan ancaman Italian Job yang baru Juni lalu terjadi. Untuk menyediakan analisis yang komperhensif dan dapat dipercaya, TrendLabs menyatakan, pihaknya sedang menguji metode baru untuk analisis dan memahami evolusi landscape ancaman. Berdasarkan laporan seputar ancaman di semester I 2007 dan prediksi tren ancaman di semester II 2007 dari TrendLabs, terdapat trik untuk menguji ancaman-ancaman.

Pertama, infrastructure vulnerabilities, di mana ancaman-ancaman berasal dari kelemahan keamanan pada aplikasi-aplikasi, arsitektur jaringan, atau sistem operasi. Kedua, ancaman-ancaman yang berdampak tinggi yaitu ancaman-ancaman yang memiliki kapasitas tinggi dan menyebabkan kerusakan dalam skala lokal. Contoh dari ancaman ini termasuk perjangkitan global dan serangan tertarget. Ketiga, ancaman yang berbasis konten, di mana ancaman yang dikirim ke calon korban menjadi bagian dari konten, contohnya phishing atau spam. Keempat ancaman berbasis proses, di mana ancaman-ancaman yang berbentuk aplikasi yang dapat dieksekusi ada di dalam komputer korban. Contoh dari ancaman tersebut adalah malware, spyware dan adware. Kelima, ancaman tersebar, yaitu ancaman-ancaman seperti bots, di mana korban dari ancaman ini digunakan untuk menjangkiti korban lainnya.

Hasil temuan yang paling mengganggu dalam laporan ini adalah pertumbuhan yang terus berlangsung dari penggunaan bots dan botsnet untuk menyebarkan spam dan malware. Hal ini kemudian memunculkan kejahatan cyber.

Botnets tetap menjadi alat ampuh yang dimiliki pembuat malware dalam aktivitas kejahatan cyber. Ke depannya diprediksikan ancaman-ancaman web ini akan terus mengganggu pengalaman online dari para pengguna di seluruh penjuru dunia selama penyebaran kode berbahaya tetap menjadi sumber keuntungan bagi para pembuat malware.

ARTIKEL 3

7 July 2007

Pilih Laptop #5

Kategori Postingan : 11_internet, 12_gadget

Pilih laptop ada yang mendasarkan pada merk global atau lokalnya. Termasuk didalamnya dukungan informasi, support (dokumentasi), driver update, jaminan purna jual, spare part dan garansi global (bisa di servis di beberapa kota di Indonesia & Dunia). Kalau merk lokal apakah selalu lebih baik atau lebih murah dibandingkan produk global ? Harga & kualitas tidak semudah itu dibandingkan. Sangat sulit memberi penilaian atas pembandingan laptop yang mana komponen per bagian sangat beragam. Belum lagi saat komponen2 tadi menyatu menjadi sebuah sistem laptop terpadu. Benchmark pada laptop bisa dibandingkan atas perbndingan per komponen, semisal antara CeleronM vs Sempron M, atau Pentium M vs Turion 64. Atau Core2 Duo vs Turion 64 X2. Atau benchmark menyeluruh atau over-all per laptop. Misal diabndingkan laptop merk X dengan merk Y. Ini juga susah melakukan komparasi, karena keragaman masing-2 komponen penyusunnya.
Kalau susah melakukan komparasi performance per laptop, akhirnya yang digagas adalah bagaimana menerapkan batasan minimal spesifikasi dengan anggaran yang tersedia. Atau yang lebih praktis langsung saja berbasis anggaran, spesifikasi mengikuti. Tapi tetap dengan pertimbangan teknis yang menyertainya. Murah boleh tapi tetap harus lengkap atau spesifikasi minimal terpenuhi. Masih bingung ? Sama, aku juga masih bingung.
Atau mau coba konsep baru (2006) dalam teknologi komponen penyusun laptop yang disebut dengan CBB (Common Building Block). Salah satu merk lokal yang mendukungnya adalah merk lokal BYON. Yang se-saudara dengan laptop merk Asus. BYON juga merupakan manufaktur pertama di Indonesia yang menerapkan konsep standardisasi Common Building Block (CBB) yang diverifikasi oleh Intel. CBB didasari dengan 7 komponen yang menjadi standard yaitu LCD, keyboard, baterai, power adapter, optical drive, hard disk dan CNP (Customizable Notebook Panel). CBB merupakan konsep yang dikembangkan Intel dengan menstandardisasi komponen-komponen notebook. Jika sebuah notebook mengikuti standar CBB maka dapat diperbarui (upgrade) tanpa melalui vendor semula sebab banyak produsen yang membuat komponen kompatibel. Konsep yang mirip dengan CBB telah digunakan di segmen komputer desktop, sehingga pengguna dapat memodifikasi komputernya dengan mudah. Standar ini diklaim dapat menghemat biaya produksi yang ditanggung vendor maupun biaya pemeliharaan dan penggantian komponen yang ditanggung pengguna. Standardisasi komponen akan menjadi tren teknologi informasi masa datang karena sangat berpihak kepada pengguna. Hingga saat ini, katanya, notebook yang beredar di pasar Indonesia menganut konsep proprietary yang membuat pengguna sangat tergantung pada satu produsen. Dia mencontohkan baterai yang punya masa pakai relatif terbatas namun tiap tipe notebook proprietary memiliki bentuk tersendiri dengan colokan pasok daya yang juga berlainan.
Berikut pengalaman pemakai CBB :
“Kalau mau yang open standard. Saat ini beli merk nasional yang paling aman. A-Note, Axioo, Zyrex, ByON. Karena kalau adaptor rusak bisa beli dari salah satu vendor itu. Baterei rusak sama juga, memory juga. Kalau Toshiba, adaptor rusak. Harus cari ke Toshiba lagi dan dijamin mahal harganya, karena bukan standard. Baterei juga harus ke Toshiba, dst. Di kantor kita pakai merk-merk nasional sudah bisa tukar-tukaran memory, harddisk, adaptor.”
Semoga makin murah itu laptop. Jadi kapan belinya, nunggu nanti murah atau kapan lagi ?
Berikut link terkait CBB :
1.http://corfina.com
2.http://www.suarasurabaya.net. Ada Tukul disini
3.http://www.e-samarinda.com/forum
4.http://www.sinarharapan.co.id
5.Kritik atas CBB BYON http://jimmyauw.com
6.Web resmi BYON di Astrindo-nya Asus.

ARTIKEL 4

Jendela Peristiwa 2006 – Tren Teknologi Informasi dan Telekomunikasi
Oleh : W. Sutanto

31-Des-2006, 08:25:53 WIB – [http://www.kabarindonesia.com]

Sony dan Sharp, Nokia dan Motorola, Apple dan Microsoft – Maret ini, mereka kembali menampilkan tren baru di pameran CeBit, Hannover. Namun, 2006 tak hanya menyimpan cerita sukses di sektor IT.

24 Januari 2006
Mickey Mouse sukses menjaring Nemo. Demikianlah slogan yang didengung-denungkan oleh media ketika Disney mengambil-alih studio animasi Pixar dengan harga jual sekitar 7, 4 Miliar Dollar.

9 Maret 2006
Pameran teknologi informasi dan telekomunikasi terbesar dunia, CeBit dibuka di Hannover, Jerman.

22 Maret 2006
Raksasa komputer Amerika Microsoft harus sekali lagi mengundur jadwal peluncuran perangkat lunak sistem operasi Windows-Vista. Menurut rencana Microsoft, Vista akan dilempar ke pasar pada awal tahun 2007.

1 April 2006
Produsen dan penyedia layanan telepon Prancis Alcatel membayar 21 miliar Euro untuk pengambil-alihan perusahaan AS Lucent Technologies. Merjer keduanya melahirkan perusahaan terbesar di sektor solusi telekomunikasi. Alcatel yang berpegawai 58.000 orang dan aktif di 130 negara mencatat omset 13,1 miliar Euro di tahun 2005. Proses penjajakan fusi sudah berlangsung sejak 2001.

15 Juni 2006
Microsoft mengumumkan berakhirnya era Bill Gates. Gates, yang merupakan salah seorang pendiri Microsoft, mengatakan akan mengundurkan diri dari posisinya sebagai kepala bagian pengembangan perangkat lunak Microsoft pada tahun 2008.

14 Agustus 2006
Perusahaan komputer Dell menarik 4,1 juta baterei laptopnya dari pasaran lantaran berpotensi terbakar. Langkah Dell ini merupakan awal dari gelombang penarikan besar-besaran yang pernah disaksikan bisnis komputer dunia. Selain Dell, banyak perusahaan komputer lainnya yang menarik baterei buatan Sony itu dari pasaran. Secara keseluruhan terdapat sekitar 9,6 juta baterei bermasalah. Sony pun harus membayar 341 juta Euro sebagai ganti rugi.

30 Augustus 2006
Boss Google Eric Schmidt terpilih sebagai anggota Dewan Direksi produsen komputer dan perangkat lunak Apple. Raksasa komputer Microsoft was-was, Google dan Apple merupakan dua saingan utamanya.

6 September 2006
Perusahaan media Bertelsmann menjual label musik BMG Music Publishing kepada Vivendi. Keuntungan sebesar 1,63 miliar Euro akan digunakan untuk membiayai pembelian kembali sebagian saham dari pemegang saham Groupe Bruxelles Lambert (GBL).

12 September 2006
CEO Apple Computer Steve Jobs memperkenalkan iPod generasi terbaru di San Fransisco. Dalam event yang sama, Apple Computer juga meluncurkan layanan film online yang sudah lama dinanti-nanti.

19 September 2006
T-Mobile, anak perusahaan Telekom memborong lisensi terbanyak selama pelelangan yang berlangsung selama enam bulan di Amerika Serikat. T-Mobile merencanakan ekspansi pasarnya ke AS berhubung pasar Eropa mengalami kejenuhan. 120 lisensi yang dibeli T-Mobile bernilai 3,3 miliar Euro.

28 September 2006
Tepat setahun setelah pengambil-alihan divisi ponsel Siemens oleh perusahaan Taiwan, BenQ, Siemens BenQ mengumumkan relokasi sektor pengembangan dan produksi ke Asia. 3.000 pekerja di Jerman akan di-PHK karena lokasi divisi ponsel BenQ Siemens di Jerman tidak dapat dipertahankan.

9 Oktober 2006
Google mengumumkan akuisisi terbesar dalam sejarah perusahaan internet itu. Google membeli situs video YouTube seharga 1,65 triliun Dollar dalam bentuk saham. Pembelian ini menbuat boss YouTube Chad Hurley dan Steve Cen menjadi jutawan dalam hanya semalam.

ARTIKEL 5

Kegelapan dalam Windows Vista Print E-mail
Wednesday, 12 September 2007
Image Para pengguna sistem operasi Windows tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah “Blue Screen of Darkness” atau “BSOD”. BSOD ini adalah suatu kesalahan yang terjadi pada sistem Windows berkaitan dengan kesalahan sistem. Namun, baru-baru ini sebuah istilah baru diperkenalkan oleh Windows sendiri yaitu “Black Screen of Darkness”.“Black Screen of Darkness” ini bukan suatu kesalahan sistem Windows melainkan suatu feature di Vista yang dinamakan dengan “Reduced Functionality”. Feature ini ditujukan khusus bagi pengguna Windows Vista bajakan. Feature ini akan menonaktifkan semua copy bajakan dari Windows Vista sehingga penggunanya akan mengalami keadaan ini:

  • Layar hitam setelah satu jam melakukan browsing internet.
  • Hilangnya Start Menu dan Taskbar
  • Hilangnya Desktop

Selain itu, pengguna Vista bajakan juga akan kehilangan akses untuk feature-feature penting dan juga keterbatasan update sehingga sistemnya akan rentan terhadap virus, malware, dan spyware.

Feature ini merupakan salah satu upaya keras Microsoft untuk memerangi pembajakan terhadap perangkat lunaknya. Menurut promosi yang dilakukan oleh Microsoft, jika Vista tidak diaktivasi dengan produk key yang asli, maka pengguna akan mendapatkan pengurangan fungsi pada sistem Vista miliknya. Pembatasan pada produk key yang palsu merupakan suatu proses yang berkelanjutan. Untuk membantu melindungi hak-hak konsumen yang membeli Windows Vista asli dan juga untuk melawan pembajakan, Microsoft akan terus mem-blok product key yang disinyalir illegal.

~ oleh wasiit07 pada September 12, 2007.

2 Tanggapan to “Trend Teknologi Informasi”

  1. Hi, this is a comment.
    To delete a comment, just log in, and view the posts’ comments, there you will have the option to edit or delete them.

  2. tugas sudah saya terima…

    blog-nya sudah sangat bagus….good job….
    keep working ya…

    regards,
    rengga asmara
    blog : http://supergareng.wordpress.com
    FS : super_rengga@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: